Thursday, December 15, 2011

PROPOLIS OBAT AJAIB

Propolis dihasilkan lebahs ebagai pembalsam benda asing yang masuk ke dalam sarang sekaligus dipakai untuk menambal retakan pada sarang. Pada sarang lebah ternak, propois kerap ditemukan di kayu penutupsarang. Warnanya kehitaman. Karena itu oleh peternak kerap dianggap sebagai kotoran dan dibuang. Padahal riset di Jepang sejak tahun 1990 an menunjukan propolis sebagai panasea baru.
Propolis merupakan campuran getah tanaman seperti pinus dan akasia plus cairan khusus yang dikeluarkan lebah. Menurut Ir. H Bambang Soekartiko, ketua Asosiasi Perlebahan Indonesia, kualitas propolis antara lain tergantung pada sumber tanaman penghasil lebah. "Sumber tanaman penghasil propolis di daerah sub tropis, seperti Rusia, Inggris, Jepang, Amerika Serikat, Argentina, dan Australia adalah poplar Populus sp," ujar Bambang.
Sementara green propolis asal Brasil didapat dari getah tanaman Baccharis dracunculifolia. Red propolis bersumber dari tanaman Dalbergia sp.
Tanaman-tanaman itu memiliki kandungan bioflavonoid tinggi. Flavonoid berperan sebagai antioksidan. Riset juga menunjukan propolis bersifat antibakteri, anticendawan, dan antivirus. Pantas banyak penyakit bisa disembuhkan dengan konsumsi propolis. Sebut saja, DIABETES MELLITUS, STROKE, HEPATITIS, KANKER, HIPERTENSI, TUBERKULOSIS, BATU GINJAL, DAN HIV/AIDS. Jika lebah sekedar memanfaatkan getah itu untuk menambal sarang dan balsam, maka bagi manusia propolis adalah PENYAMBUNG NYAWA.
Penyembuh Terpadu
Banyak bukti empiris yang menunjukkan penderita-penderita penyakit maut sembuh setelah konsumsi propolis. 'Penyakitnya berat yang dokter spesialis sudah pasrah,' kata dr Ivan. Sekadar menyebut beberapa contoh adalah Siti Latifah yang mengidap stroke, Wiwik Sudarwati (gagal ginja), dan Rohaya (diabetes mellitus). Menurut dr Hafuan Lutfie MBA mekanisme kerja propolis sangat terpadu. Dalam menghadapi sel kanker, misalnya, propolis bersifat antiinflamasi alias antiperadangan dan anastesi atau mengurangi rasa sakit.

Yang lebih penting propolis menstimuli daya tahan tubuh. 'Tubuh diberdayakan agar imunitas bekerja sehingga mampu memerangi penyakit,' kata Lutfie, dokter alumnus Universitas Sriwjaya. Kemampuan propolis meningkatkan daya tahan tubuh disebut imunomodulator. Dr dr Eko Budi Koendhori MKes dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga membuktikan peningkatan kekebalan tubuh tikus yang diberi propolis. Biasanya infeksi Mycobacterium tuberculosis - bakteri penyebab tuberkulosis (TB) - menurunkan kekebalan tubuh dengan indikasi anjloknya interferon gamma dan meningkatkan interleukin 10 dan TGF. Interferon gamma adalah senyawa yang diproduksi oleh sel imun atau sel T yang mengaktifkan sel makrofag untuk membunuh kuman TB. Interleukin dan TGF merupakan senyawa penghambat interferon gamma.
Doktor ahli tuberkulosis itu membuktikan interferon gamma tikus yang diberi propolis cenderung meningkat hingga pekan ke-12. Sebaliknya interleukin 10 justru tak menunjukkan perbedaan bermakna. 'Pemberian propolis pada mencit yang terinfeksi TB mampu mengurangi kerusakan pada paru-paru dengan cara meningkatkan sistem imun tubuh,' kata dr Eko.

Dengan kelebihan itu pantas bila permintaan propolis cenderung meningkat. Cahya Yudi Widianto pada Mei 2009 baru memasarkan 300 botol masing-masing berisi 250 ml; kini mencapai 500 botol. Malaysia minta rutin 250 botol per bulan. Hendra Wijaya yang mengelola gerai Melianature Indonesia di Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mampu menjual 50 paket per hari. Sebuah paket terdiri atas 7 botol masing-masing bervolume 6 ml seharga Rp550.000 atau total omzet Rp27.500.000 sehari.

Marta Irawati dari Ratu Nusantara enggan membeberkan volume penjualan propolis. 'Peningkatan volume penjualan mencapai 20% per tahun,' kata Marta. Kondisi itulah yang mendorong Jeanny Komar, peternak lebah di Sukabumi, Jawa Barat, pada Januari 2010 mulai memanfaatkan propolis. Ia mengelola 1.000 koloni. Komoditas yang selama ini ia biarkan ternyata berkhasiat obat. 'Obat dari yang menciptakan manusia jauh lebih bagus daripada obat bikinan manusia,' kata dr Lutfie. (Sardi Duryatmo/Peliput: Argohartono, Nesia Artdiyasa, & Tri Susanti)
Sumber : Majalah Trubus Edisi Januari 2010.
Apakah anda punya pengalaman buruk dengan bisnis MLM…??
GAGAL…
Karena sistem yang tidak berpihak pada member…

- Terjebak kejar-kejar peringkat
- Harus TUTUP POIN
- Bonus dibayar terlalu lama
- Syarat side volume
- Menjadikan anda seorang sales
- Bayar tiket tiap acara
- Terjebak dengan MONEY GAME


ANDA BENAR…!!
Tapi tolong simpan dulu pengalaman buruk anda… Jika anda masih doyan uang dan masih memiliki keinginan untuk merubah hidup… Buka MATA.., HATI.., dan PIKIRAN!!
Pendaftaran Melianature ... melalui MNI Network